Balai Besar Kerajinan dan Batik memiliki tujuan besar yang dituangkan dalam rumusan misi yaitu untuk “Menjadi Pusat penelitian dan pengembangan serta pelayanan jasa teknis industri kerajinan dan batik yang kreatif, inovatif  dan profesional” maka diperlukan sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas sebagai unsur pendukung untuk mewujudkan misi tersebut. Salah satu unsur pendukungnya adalah memiliki laboratorium yang dapat mendukung berbagai kegiatan Balai Besar Kerajinan dan Batik.

Laboratorium Garmen dan Perca berada di bawah otoritas Seksi Sarana Riset Batik Balai Besar Kerajinan dan Batik. Laboratorium Garmen dan Perca berlokasikan di Lt 2 Gedung sebelah utara Balai Besar Kerajinan dan Batik di Jl Kusumanegara No 7 Yogyakarta. Laboratorium ini  memiliki satu  ruangan workshop ukuran lebar yang di dalamnya terdapat berbagai peralatan penunjang kegiatan, antara  lain :

  • 4 MesinJahit Juki
  • 6 MesinJahit Butterfly
  • 4 MesinJahit Singer
  • 6 MesinObras
  • 1 MesinWoolsum
  • 4 MesinBordir
  • 2 MesinOverdex
  • 1 Standing AC

Selain itu, untuk bisa memaksimalkan fungsinya sebagai sebuah laboratorium, laboratorium  Garmen BBKB juga dimotori oleh 1 tenaga ahli dibidang desain tekstil, dan disokong 4 tenaga terampil di bidang tata busana dan fashion. Kegiatan yang dilakukan di Laboratorium  Garmen adalah membuat inovasi baik untuk busana, aksesoris busana, dan produk interior tekstil. Dengan kompetensi sumber daya manusia yang mumpuni di bidangnya, Laboratorium Garmen dan Perca balai Besar Kerajinan dan Batik siap untuk memberikan pelayanan jasa teknis yang terbaik, kreatif, inovatif  serta profesional.

 

Peralatan strategis yang sering digunakan :

1.     Mesin Jahit Juki, spesifikasi :           

Jeratan         : 3 tipe

Bahan           : Tipis, SedangdanTebal

Kecepatan   :4000 sti/min

TipeJarum    : DB x 1 atau DB x 1 #16~#23.

Fungsi          : Menjahit

 

2.     Mesin Jahit Butterfly, spesifikasi :   

Fungsi         : Menjahit bahan yang tebal

 

3.     MesinJahit Singer, spesifikasi :      

Fungsi         : Menjahit bahan tebal

 

4.     MesinJahit Obras Yamata FY747A, spesifikasi :

Mesin obras benang 4, bisa juga untuk obras benang 3, Yamata FY747A Super High-Speed Overlock Sewing Machine Seam width 4mm, 3.6mm, 0.7-2 5, 6mm Needle system DCx1 #11~18 Speed 6000 s.p.m Weight 34 / 32 kg Dimension 470 x 330 x 485

Fungsi         : Finishing produk

 

5.     MesinWoolsumYamata FY737A, spesifikasi :    

Fungsi         : Finishing produk

 

6.     MesinBordir, spesifikasi :     

Fungsi         : Membuat corak dekoratif baik untuk produk busana maupun interior

 

Produk yang dihasilkan

1.    Busana Pria dan Wanita

Fungsi/Kegunaan  :

Untuk melindungi tubuh dari cuaca, sinar matahari, debu  serta gangguan binatang, dan melindungi tubuh dari benda – benda lain yang membahayakan kulit. menutupi atau menyamarkan kekurangan dari si pemakai. Dapat menambah keyakinan dan rasa percaya diri. Dapat memberi rasa nyaman.Untuk menutupi aurat atau memenuhi syarat kesusilaan,menggambarkan adat atau budaya suatu daerah,media informasi bagi suatu instansi atau lembaga, Media komunikasi non verbal.

Bahan :

Katun, Sutera, Sifon, dll.

2.    BusanaPriadanWanita

Fungsi/Kegunaan  :

Tas merupakan suatu wadah atau tempat yang digunakan unuk meletakkan barang agar bisa dibawa kemanapun kita pergi.

Bahan :

Katun, Sutera, Sifon, dll.

3.    Sarung Bantal Kursi

Fungsi/Kegunaan  :

Sebagai elemen dekoratif

Bahan :

Katun, Sutera, wool, dll

 

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter