Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik   Nomor : 095/Kpts/I/Bd/BBKB/XII/2013 Laboratorium Perhiasan (Logam Non-Ferro) merupakan salah satu dari 11 Laboratorium yang di miliki  BBKB dan berada di bawah Kepala Seksi Sarana Riset Kerajinan, Bidang Sarana Riset dan Standardisasi. 

Untuk mendukung kegiatan Laboratorium Perhiasan memiliki beberapa peralatan antara lain : Vulcanizer Quadro Pararel yang berfungsi untuk membuat cetakan dari rubber mould; Wax Injector berfungsi untuk membuat produk lilin dengan rubber mould; CNC Machine JWX-10 berfungsi untuk membuat produk master lilin dan resin; Spin Casting berfungsi melakukan proses pengecoran logam perak; Furnace berfungsi untuk peleburan logam dan perak, dll.

Sedangkan sumber daya untuk mendukung kegiatan tersebut sebanyak 5 (lima) orang yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang perhiasan. Produk yang dihasilkan, antara lain :cetakan dan rubber mould & silicon rubber; master dari lilin acrylic atau resin; produk pewter; produk perhiasan dengan handmade, dll.

Share

  • Share on Facebook
  • Share on Twitter