Kabupaten Sidrap adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, Ibu kota kabupaten ini terletak di Pangkajene Sidenreng. Kabupaten Sidrap memiliki luas wilayah 1.102,10 km² dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 301.972 jiwa.  Kabupaten Sidrap rerus berupaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui daya saing daerah, pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan dan optimalisasi pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan diwujudkan dalam banyak cara. Salah satunya adalah dengan pengembangan industri kerajinan berbahan dasar eceng gondok. Potensi Eceng gondok di Kabupaten Sidrap sangat besar dan belum termanfaatkan. Sebagai wujud upaya pengembangan dan penumbuhan industri, telah dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Pemda Kabupaten Sidrap dengan BBKB dalam rangka pengembangan dan penumbuhan industri di Kab. Sidrap.

Nota Kesepahaman Bersama (MoU) tersebut ditandatangani pada hari Senin, 27 April 2019 secara virtual oleh Bupati Kab. Sidrap H. Dollah Mando, dan Kepala BBKB Ir. Titik Purwati Widowati, MP. Nota Kesepahaman Bersama atau MoU tersebut adalah sebagai payung hukum kerjasama antara Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta dengan Pemda Kabupaten Sidrap, yang salah satu langkah konkritnya adalah diwujudkan dalam pelatihan pembuatan kerajinan berbahan eceng gondok yang pelaksanaanya dimulai pada awal Bulan Juni 2021.

Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik, Ir. Titik Purwati Widowati, MP. Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kabupaten Sidrap atas terwujudnya MoU dengan BBKB dalam rangka menumbuhkan industri di Kabupaten Sidrap. “Diharapkan dengan adanya MoU dapat menjadi payung hukum dalam pelaksanaan kerjasama, selain itu juga kami harapkan ada tindak lanjut dari hal tersebut (red : MoU) ” ucap Titik Purwati. Dalam kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan tugas pokok dan fungsi, potensi serta layanan jasa BBKB kepada jajaran pejabat dari Kabupaten Sidrap sebagai bahan pertimbangan dalam implementasi MoU yang telah ditandatangani.

Senada dengan Kepala BBKB, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando dalam sambutannya menyampaikan bahwa MoU yang tengah ditandatangani, adalah dalam rangka peningkatan kapasitas daerah (IKM) melalui pelatihan-pelatihan. “Tanpa ilmu maka tak mungkin untuk berkembang, pelatihan ini adalah salah satu caranya” pungkas Dollah. Selain itu beliau juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya penandatanganan MoU di BBKB serta menyampaikan komitmen untuk menumbuh kembangkan industri di Sidrap dengan melakukan berbagai kerjasama.

Pemkab Sidrap terus berupaya menggali potensi yang ada. Salah satunya dengan memberdayakan masyarakat mengelola tumbuhan eceng gondok yang selama ini tumbuh subur di perairan Danau Sidenreng. Langkah awal, Pemkab Sidrap akan menjalin kerjasama dengan Balai Besar Kerajinan Batik (BBKB) Yogyakarta guna membantu Pemkab Sidrap memaksimalkan program penumbuhan dan pengembangan industri kreatif di Kabupaten Sidrap.

Bagikan di Media Sosial Anda