Kementerian Perindustrian terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada dunia industri dan masyarakat luas guna mengawal pertumbuhan dan kontribusi sektor industri manufaktur agar tetap menjadi penggerak utama bagi ekonomi nasional, terlebih pada era digital saat ini.  Salah satu langkah strategi yang dijalankan adalah mencanangkan gerakan Zona Integritas di seluruh satuan kerjanya untuk senantiasa menciptakan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, Drs. Masrokhan, MPA menyampaikan bahwa Unit Satuan Kerja Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus memperbaiki jajaran birokrasi yang bersih, produktif, transparan, melayani masyarakat, dan akuntabel. Hal ini dalam rangka menciptakan seluruh aparatur yang dapat turut mendorong kinerja sektor industri nasional agar semakin berdaya saing global.

Di era digital ini masyarakat menginginkan segala pengurusan lebih cepat, efektif, dan efisien. Oleh karena itu, pelaksanaan pelayanan publik dituntut untuk dapat memberikan layanan yang prima, dan ini akan diterapkan pada seluruh unit satuan kerja Kementerin Perindustrian. Sejak tahun 2005, Kementerian Perindustrian telah menjalankan serangkaian program reformasi birokrasi untuk mewujudkan perubahan menuju tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersihPembangunan Zona Integritas melalui penanaman nilai dan budaya kerja yang positif kepada aparatur di lingkungan Kementerian Perindustrian, akan mampu menciptakan kinerja yang unggul dan berkomitmen memacu kinerja industri nasional.

Keberhasilan Pembangunan Zona Integritas, sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi dimana individu berada dan melakukan kegiatannya. Inovasi-inovasi baru khususnya di bidang digitalisasi pelayanan yang dibangun oleh unit satuan kerja Kementerian Perindustrian bertujuan untuk peningkatan kualitas layanan kerja dalam upaya menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada BBKB Yogyakarta yang dinilai memiliki komitmen dalam melakukan perubahan untuk menjaga tata kelola pemerintahan lebih baik di instansinya, yang dibuktikan dengan perolehan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2018. Disebutkan, sejak dicanangkan Pembangunan Zona Integritas (ZI) di Lingkungan Kementerian Perindustrian, seluruh pegawai pada unit satuan Kerja Kementerian Perindustrian, khususnya BBKB Yogyakarta telah menandatangani Pakta Integritas. Mulai dari Pimpinan hingga pelaksana, telah berkomitmen penuh mewujudkan Wilayah Bebas dari Koruspi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Satuan kerja Kementerian Perindustrian terus berupaya mewujudkan Reformasi Birokrasi khususnnya dalam hal pencegahan dan praktik korupsi. Hal ini didukung pula melalui pendampingan, asistensi serta verifikasi dan evaluasi oleh Tim Inspektorat terhadap kesiapan tata kelola Zona Integritas unit satuan kerja Kementerian Perindustrian.

Jumat, 12 Maret 2021 bertempat di Balai Besar Kulit Karet dan Plastik-Yogyakarta, telah dilaksanakan Penandatanganan Surat Komitmen Pembangunan Zona Integritas oleh Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian bersama 5 (lima) Pimpinan Satuan Kerja Kementerian Perindustrian di Wilayah Yogyakarta (BBKB, BBKKP, BDI Yogyakarta, SMTI Yogyakarta dan Politeknik ATK Yogyakarta). Disamping itu, Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian juga membuka acara pencanangan persiapan Zona Integritas (ZI)  Menuju Wilayah Birokarsi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2021 di BBKB melalui acara Ngopi Bareng dan Rasan-Rasan “Ngobras” yang dihadiri oleh seluruh pegawai BBKB secara virtual.

 

 

 

Bagikan di Media Sosial Anda