Bertempat di BBKB, pada tanggal 16 Februari 2021 telah diselenggarakan Temu Pelanggan secara daring dengan Tema "Pemahaman SNI 8880:2020-Barang -Barang Emas. Acara ini secara resmi dibuka Oleh Kepala BBKB (Ir. Titik Purwati Widowati, MP) dan dihadiri oleh tidak kurang 178 peserta dari kalangan asosiasi, industri, akademisi dan instansi terkait lainnya. Hadir sebagai narasumber : Dr. Retno Widiastuti,MM (Plt.Kabid Pengujian, Sertifikasi dan Kalibrasi); Moderator : Heri Pramono, S.IP. SH., MM (Plt. Kabid. Pengembangan Jasa Teknik).

Kegiatan Temu Pelanggan BBKB ini bertujuan sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan berbagi informasi. Disamping itu juga kami gunakan sebagai sarana menggali berbagai saran dan masukan, sehingga kedepan akan menjadi bekal bagi BBKB untuk melaksanakan program dan kegiatan guna memberikan pelayanan yang lebih baik. Tema yang disajikan dalam pertemuan Kegiatan Temu Pelanggan kali ini sangat relevan dengan kondisi sekarang, yaitu Pemahaman SNI 8880:2020 – Barang-Barang Emas. Kementerian Perindustrian terus mendorong para pelaku industri kecil menengah (IKM) agar tetap bergairah menjalankan usahanya di tengah tekanan berat dampak pandemi Covid-19. Salah satu sektor yang dipacu adalah IKM perhiasan, yang dinilai mampu berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional melalui capaian nilai ekspornya.

Pada triwulan I tahun 2020, kontribusinya mencapai USD 284,9 juta. Bahkan, selama lima tahun terakhir (2015-2019), neraca perdagangan perhiasan terjadi surplus setiap tahunnya. Pada awal tahun 2020, pemerintah telah menetapkan SNI barang-barang emas (SNI 8880:2020) yang bertujuan memberi acuan standar bagi produsen dan laboratorium, serta memberi perlindungan kepada konsumen tentang standar perhiasan.

Kami berharap dengan terbitnya SNI 8880:2020 ini dijadikan momentum bagi para produsesn emas untuk meningkatkan kulitas produknya sehingga mampu meningkatkan ekspornya ke beberapa Negara sekaligus mampu bersaing dengan produsen lainnya di luar negeri.

 

 

 

Bagikan di Media Sosial Anda