Tenun di Sumatra

Oleh: Ivone De Carlo

Dalam rangka memperingati hari Tenun yang jatuh pada tanggal 7 September, maka perpustakaan Balai Besar Kerajinan dan Batik, BBKB mengajak sobat industri untuk sejenak mengenal tenun di Sumatra melalui koleksi perpustakaan BBKB.  Tenun adalah salah satu seni tradisional yang ada di Sumatra, lebih dikenal dengan nama yang spesifik seperti ulos, songket, ataupun tapis.

Ulos dikenal sebagai tenunan yang berasal dari Sumatra Utara.  Melalui buku cerita Kain Songket Mak Engket, sobat industri  diajak untuk mengenal jenis tenunan lain yang berasal dari daerah tersebut.  

Sejak beberapa tahun belakangan ini, perpustakaan BBKB menambah koleksi dengan genre buku non fiksi, yaitu cerita anak.  Selain fungsi rekreasi, kehadiran buku cerita ini dapat mengenalkan anak-anak dengan kekayaan bangsa Indonesia, khususnya tenun.  Dengan mengenal diharapkan akan tumbuh rasa cinta seperti ungkapan dalam bahasa Jawa Witing Tresno Jalaran Soko,Kulino. Semoga.

Berikut sampul depan dan sinopsis dari buku-buku tersebut.  Selamat menikmati.

Buku Kain Songket Mak Engket ditulis Wylvera Windayana dan diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada 2018.

Tiara ingin menghabiskan liburannya di Medan.  Ia ingin melakukan riset kecil-kecilan tentang kain songket Melayu Deli.

Mak Engket menyambut gembira kedatangan Tiara, cucu kesayangannya.  Namun tidak dengan Hasnah, putri Uak Rusadi yang masih menyimpan rasa benci pada Tiara.

Ketika Mak Engket memilih  Tiara menjadi putri untuk membawakan tepak pada lomba tari Persembahan, tragedi pun dimulai.  Kain songket berwarna kuning emas kesayangan Mak Engket hilang.

Apa yang terjadi setelah kain songket itu hilang?  Siapa kah yang telah mencuri kain songket Mak Engket.  Silakan baca ceritanya sampai akhir.

Buku Kain Ulos Danau Toba ditulis Threes Emir dan diterbitkan  oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2017.

Memaparkan bagaimana dan berapa lama pembuatan selembar kain ulos, yang disertai foto-foto menarik.  Terdapat pula informasi mengenai permasalahan dalam memasarkan kain ulos serta tips pemecahan yang diberikan oleh ahlinya, yaitu tim MarkPlus.

Buku Ulos: Seni Tenun Budaya Batak Kearifan Lokal & Perekat Persaudaraan ditulis OK. Sahril dan Syaifuddin Zuhri Harahap, diterbitkan oleh Penerbit Partama Mitra Sari pada 2015.