Mesin Computer Numerically Controlled atau disingkat CNC merupakan mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (data perintah dengan kode angka, huruf dan simbol) sesuai standar ISO. Sistem kerja teknologi CNC lebih sinkron antara komputer dan mekanik bila dibandingkan dengan mesin yang sejenisnya, maka mesin perkakas CNC lebih teliti, lebih tepat, lebih fleksibel dan cocok untuk produksi massal. CNC router (Computer Numerical Control router) adalah mesin pemotong yang dikendalikan komputer yang prinsip kerjanya hampir sama dengan router tangan yang digunakan untuk memotong bahkan mengukir berbagai bahan keras, seperti kayu, bambu dan akrilik.

BBKB telah merancang mesin CNC router yang sederhana namun dapat diaplikasikan sebagai mesin ukir bagi industri kerajinan kayu. Sehingga diperoleh mesin CNC dengan harga yang terjangkau oleh IKM. Hal ini berkaitan dengan tingkat kekerasan kayu yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan putaran mesin router yang berbeda-beda pula. Mesin CNC ini dapat membuat ukiran terutama pada kayu lunak maupun kayu keras yang saat ini belum mampu dilakukan oleh tenaga manusia. Tujuannya adalah untuk memberikan peningkatan nilai ekonomis terhadap limbah kayu. Baik ketika digunakan sebagai bahan baku furniture, interior maupun untuk keperluan yang lain. Komponen yang digunakan pada perancangan CNC terdiri dari komponen elektronis dan komponen mekanis, seperti : Breakout Board card, Motor Stepper, Driver Motor Stepper, Spindle, Power Supply, Komputer dan software pengendali. 

Ukiran adalah hasil dari proses mengukir itu sendiri. Oleh karena itu pada proses mengukir menggunakan CNC ini dibutuhkan mata pahat, alat pemegang pahat, penggerak dan lukisan. Jenis - Jenis Pahat CNC antara lain : V- Bit, End mill, Ball nose. Keunggulan mesin CNC ini adalah biaya investasinya yang cukup terjangkau dan dimensi kerjanya yang cukup besar untuk media kayu. Sesuai dengan tujuan awalnya maka mesin CNC ini diperuntukkan bagi IKM kayu dan bambu. Tingkat ketelitian untuk CNC ini tentu tidak sama dengan tingkat ketelitian yang dibutuhkan untuk pengerjaan pada besi dan logam lainnya, mengingat pada kayu setelah diukir dengan CNC ini masih akan ada proses lanjutan yaitu penutupan pori, penghalusan, pengecatan dan finishing. Sehingga cacat yang terjadi pada proses ukir melalui CNC ini masih dapat ditolerir hingga batas tertentu. Mesin CNC yang ada di Balai Besar Kerajinan dan Batik telah didesiminasikan kepada msyarakat luas dan mendapat tanggapan yang cukup baik.

Bagikan di Media Sosial Anda