Akhir akhir ini media kembali dihebohkan dengan melonjaknya kasus penambahan Covid-19 terutama di Pulau Jawa dan Bali. Beberapa negara telah melakukan pengetatan mobilitas masyarakat, dan dengan adanya varian baru virus Covid-19 yang lebih cepat menular, maka Pemerintah terus melakukan langkah-langkah pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia. Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah telah menerbitkan kebijakan pengaturan perjalanan orang/ WNA ke Indonesia. Selain itu pemerintah kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) 2021 di pulau Jawa dan Bali mulai 11 Januari hingga 8 Februari 2021.

Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB): Ir. Titik Purwati Widowati, MP mengatakan bahwa mengantisipasi kasus virus corona (Covid-19) harus dilakukan di berbagai tempat, termasuk dilingkungan kerja. Balai Besar Kerajinan dan Batik tetap berkomitmen dalam Pembangunan Zona Integritas guna menjaga terciptanya Wilayah Bebas Korupsi dan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Untuk itu kami akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meski di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini.

Untuk mendukung pelayanan di masa pandemi, BBKB telah melakukan berbagai upaya pencegahan COVID-19 di lingkungan kerja dengan menerapkan protokol kesehatan. BBKB menyadari bahwa SDM dan Lingkungan Kerja adalah aset berharga. Upaya-upaya yang telah dilakukan BBKB untuk tetap menjaga kesehatan pegawai antara lain : penerapan social distancing di lingkungan kerja dan unit pelayanan publik, pembagian masker, hand sanitizer, thermometer dan suplemen kepada pegawai, penyemprotan disinfektan secara berkala di lingkungan kerja, pengukuran suhu tubuh secara otomatis melalui thermal scanner di pintu masuk, pemeriksaan Rapid Test secara rutin dan Swab PCR untuk seluruh pegawai. Selain itu, BBKB juga telah menyusun SOP pencegahan covid-19 serta form self asessment risiko covid secara online kepada seluruh tamu yang akan berkunjung ke BBKB. Form self assessment ini diisi 1x24 jam sebelum berkunjung ke BBKB.

Di tengah situasi yang cukup berat akibat pandemi Covid-19 ini, BBKB masih terus menerus berupaya berbagi energi positif.  Selain memberikan perhatikan ke internal pegawainya, BBKB juga mempunyai banyak cara yang sudah dilakukan untuk berbagi kepada sesama dalam rangkaian Sharing is Caring.. Caring is Sharing : pengumpulan dana bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan, ada kegiatan rutin Jum'at barokah, berbagi seperangkat bingkisan yang berisi masker, susu atau sabun multivitamin, APD dan Face Shield. Ada pula kegiatan virtual learning di setiap minggu dengan berbagai tema berbeda secara gratis dan kegiatan terakhir berupa donasi buku dari pegawai untuk Komunitas Literasi. Jenis pengumpulan donasi yang berbeda ini pula juga disesuaikan dengan tujuan yang beragam seperti : masyarakat sekitar kantor, driver ojek online, tukang becak, pedagang pasar, panti asuhan dan BPBD DIY.

Dimasa pandemi ini, BBKB juga telah melakukan berbagai perluasan litbangyasa, diantaranya : inisiasi pembuatan masker kain sebelum di wajibkan oleh pemerintah, pembuatan hand sanityzer, cairan disinfektan, Face Shield, kotak sterilisasi, dan disisnfektan shoes. BKB menaruh harapan di lingkungan sekitar BBKB dapat terhindar dari wabah Covid19 dengan cara berbagi energi positif untuk saling mengingatkan menjaga stamina tubuh dan membangun budaya hidup bersih. Dibalik semua upaya BBKB supaya tetap bisa positif, BBKB mempunyai doa dan harapan wabah ini akan segera berakhir dan segalanya akan kembali normal. Tetap semangat dan optimis.

 

 

 

Bagikan di Media Sosial Anda