Koleksi Buku Perpustakaan BBKB



NoJudul Abstrak Pengarang Penerbit Tahun Subyek
1 Mozaik Seni dan Budaya Indonesia: Rumah Adat dan Perabotan Tradisional Indonesia
Kode Panggil: 72.01 Aha m
Mendeskripsikan senjata dan peralatan rumah tangga yang biasa digunakan masyarakat tradisonal Indonesia. Dilanjutkan dengan uraian mengenai bangunan-bangunan yang memiliki ciri khas dari berbagai daerah di Indonesia Kekhasan yang terlihat pada bentuk atap, ragam hias, bentuk bangunan, dan bahan baku yang digunakan dalam membuatnya. Dilengkapi dengan penjelasan mengenai arsitektur bangunan, bagian-bagian berserta fungsinya, bentuk, dan sumber ragam hias. Ari Ahadrian PT Citra Aji Parama 2015 Arsitektur
2 Panduan Produksi Bersih untuk Industri Batik
Kode Panggil: 75.02 Wid p
Selain sebagai produk budaya Indonesia yang telah mendapat pengakuan dunia, batik merupakan komoditi penting penggerak perekonomian nasional. Dalam rangka mendukung peningkatan daya saing batik, tercapainya efisiensi produksi serta menghasilkan produk batik yang ramah lingkungan, industri batik diarahkan untuk menerapkan prinsip-prinsip industri berkelanjutan (green industry} melalui konsep produksi bersih (cleaner production). Buku Panduan Produksi Bersih untuk Industri Batik ini mencakup pedoman produksi batik yang baik dan terstandar, pencegahan dan pengendalian pencemaran di industri batik, daur ulang limbah batik, serta prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada industri batik. Agar pembaca dapat lebih mudah memahami isi, buku ini telah dilengkapi contoh-contoh dan gambar dalam setiap tahapannya. Titik Purwati Widowati Balai Besar Kerajinan dan Batik 2021
3 Saudagar Emas Minangkabau
Kode Panggil: 671.12 Cha a
Emas adalah komoditi yang sangat dekat dengan masyarakat Minangkabau. Sejak awal Masehi, Minangkabau sudah dikenal sebagai daerah penghasil emas. Memang masa keemasan emas Minangkabau sudah lama berlalu. Namun hingga kini, dunia perdagangan emas tradisional di Indonesia masih diwarnai oleh pedagang-pedagang emas asal Minangkabau yang di antaranya H Arnis Saleh sendiri. Hasril Chaniago Yayasan Pustaka Obor Indonesia 2020
4 Kain-Kain Kita
Kode Panggil: 677.07 Jus k
Buku Kain-kain Kita ini merupakan seri kedua dari buku kain yang diterbitkan tahun 2009. Praktis dilengkapi gambar-gambar menarik dan informative tidak hanya berisikan pngetahuan tentang kain-kain Nusantara, tetapi juga modifikasi dan penggunaaanyadalam busana modern. Buku ini sangat berguna bagi siapa saja yang mencintai mode dan budaya kita. Herman Jusuf Dian Rakyat 2012
5 Metode Penelitian Perpustakaan dan Sains Informasi
Kode Panggil: 025.5 Pri m
Buku ini menjelaskan mulai dari filsafat ilmu pengetahuan, konsep dan teori, pandangan positivis klasik dan modern (post positivisi), paradigma kuantitatif, model-model penelitian perpustakaan dan sains informasi, metode sampling, analisis statistik, dilengkapi metode SSI (Metodh of Successive Interval) dengan program SPSS. Selain itu, dijelaskan pula analiasis statistik, seperti analisis deskriptif, analisis chi-square, analisis korelasi pearson product moment, dan analisis jalur (paith analysis). Buku ini sangat penting dijadikan pegangan oleh mahasiswa berbagai jurusan, serta peneliti bidang perpustakaan dan sains informasi Prijana & Andri Yanto Simbiosa Rekatama Media 2020
6 111 Batik Tegal Klasik Pesisir With Inland Influences
Kode Panggil: 75.02 Ami s
Dalam buku ini terdapat 111 motif yang tercatat sejak tahun 2009. Ada berbagai bentuk ornamen bunga, daun, buketan, hewan, ikan, buah atau dalam bentuk simbol lainnya. Semua batik ini, dibuat hanya dalam dua proses perebusan. Pencatatan motif batik ke dalam buku merupakan kegiatan ASPARA, dalam melestarikan budaya di Tegal. (English) Nur Anisa Amini Apsara 2015 batik
7 154 Batik Tegal Kelir Pesisir
Kode Panggil: 75.02 Ami s
Dalam buku ini terdapat 152 motif yang tercatat sejak tahun 2009. Ada berbagai bentuk hiasan bunga, daun, buketan, hewan, ikan, buah atau dalam bentuk simbol lainnya. Semua batik ini, dibuat hanya dalam satu kali proses perebusan. Pencatatan motif batik ke dalam buku merupakan kegiatan ASPARA, dalam melestarikan budaya di Tegal Nur Anisa Amini Apsara 2015 batik
8 Flowers from Universe: Textile of Java
Kode Panggil: 677 Dja f
Seni tekstil tradisional Jawa cocok untuk menceritakan kisah-kisah yang berusia berabad-abadbudaya pulau jawa Bunga dari Semesta. Tekstil Jawa pertama-tama didasarkan pada ingatan dan asosiasi Alit Djajasoebrata, yang dibesarkan di pangkuan keluarga Jawa Baratnya dan karena itu sering bersentuhan dengan batik dalam bentuk hipcloths bermotif batik yang sangat berharga dengan anggota keluarga keluarganya. digunakan untuk secara tidak langsung menyampaikan sentimen pribadi mereka ke lingkungan mereka dan membedakan diri mereka dari wanita lain Alit Djajasoebrata LM Publishers 2018
9 Mozaik Seni dan Budaya Indonesia: Permainan Tradisional Anak Indonesia
Kode Panggil: 394.3 Ali m
Penulis yang merupakan pengamat permainan tradisonal, menguraikan berbagai jenis permainan mulai dari ujung paling barat Sumatra hingga ujung timur Papua dalam buku ini. Walaupun masing-masing permainan yang berkembang dalam pengaturan alam, adat, dan latar belakang budaya yang berbeda, namun dalam banyak hal ada kesamaan. Baik dalam aturan atau metode permainannya. Dijelaskan juga beberapa manfaat permainan tradisional serta nila-nilainya.. M. Zaini Alif PT Citra Aji Parama 2015
10 Katalog Warna Alam untuk Pewarnaan Kain Batik
Kode Panggil: 667.27 Sal k
Jauh sebelum pewarna sintetis ditemukan. Pewarna alami telah lebih dahulu dikenal. Flora dan fauna wilayah Indonesia adalah sumber pewarna alami yang tiada habisnya. Guna menginventarisir kekayaan alam Indonesia di atas, dan juga untuk menjawab permintaan para pegiat kerajinan dan batik, maka dengan bangga Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) mempersembahkan Buku Katalog Warna Alam untuk Kain Batik dan Non Batik Natural Dyes Indexation yang disingkat dengan Nadin. Katalog ini berisikan gambar hasil pewarnaan alami yang dilengkapi dengan informasi grafis warna serta formula untuk memperoleh warna yang dikehendaki. Irfa'ina R. Salma Balai Besar Kerajinan dan Batik 2021
11 Tetes Cantingku di Kota Hujan: Khasanah Batik Handayani Geulis
Kode Panggil: 75.02 Han t
Merupakan dokumentasi dari Handayani Geulis Batik Bogor yang dimotori oleh penulis sendiri. Mengungkapkan perjalanan pendirian sebuah usaha di kota yang bukan kota batik. Merintis citra dengan dominasi identitas budaya Sunda melalui penggalian dari kearifan local, kekayaan flora-fauna, dan sejarah budaya. Setelah sembilan tahun berjalan, tercatat ada 70 motif dengan 13 batik yang memiliki sertifikat hak cipta. Sri Ratna Handayani PT Penerbit IPB Press 2022 batik
12 Kisah Perhiasan Nusantara
Kode Panggil: 671.12 Dia k
Terry Wijaya Supit akrab dengan budaya Indonesia sejak kecil, namun pada saat kuliah di Fakultas Sastra Univesitas Indonesia (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) Jurusan Arkeologi, kecintaanya pada budaya Indonesia semakin dalam, sehingga saat ini ia aktif di berbagai yayasan yang berhubungan dengan budaya dan sejarah Indonesia. Serta aktif mempopulerkan aneka replica perhiasan antic Indonesia melalui Manjusha Nusantara. Oleh karena kecintaannya akan perhiasan antic, Terry Wijaya Supit mengumpulkan beragam perhiasan antic dari berbagi penjuru Nusantara. Sebagian besar koleksinya dibukukan pada buku Kisah Perhiasan Nusantara: The Journey of Archipelago’s Jewellery ini yang ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan harapan dapat dijadikan referensi bagi dunia perhiasan di negeri tercinta ini. Anton Dias Manjusha Nusantara 2014
13 The Ancient Heritage of Sriwijaya: Dalam Kemilau Songket dan Perkawinan Adat
Kode Panggil: 677.024 Kar a
Perjalanan panjang warisan budaya Sumatera Selatan yang sampai hari ini dapat kita saksikan di antaranya kain-kain songket yang indah penuh kemilau keemasan dan prosesi perkawinan dalam bentuk rangkaian adat tradisi yang sacral dan penuh makna. Merunut ke belakang akan warisan budaya (heritage) tersebut merupakan sebuah catatan sejarah tersendiri yang mewarnai negeri ini. Kerajaan Sriwijaya sendiri ditengarai berdiri pada abad ke 7 Masehi dan dikenal sebagai kerjaaan maritime yang kekuasaannya begitu luas. Transformasi budaya dan agama terjadi pula di sini. Dalam khasanah budaya, sebagai daerah yang terbuka, Palembang dengan sukacita membuka diri terhadap berbagai jenis dan bentuk budaya yang masuk. Keluwesan tersebut memberi banyak bentuk baru pada kain-kain tenun yang sudah ada. Melimpahnya emas di Sriwijaya memungkinkan negara ini mengekspornya ke Siam dan kembali ke Pekanbaru antara lain dalam bentuk benang emas. Dilhami kain-kain indah dari sutra berhiaskan selipan benang emas dari Cina dan India membuka wawasan baru bagi para penenun di lingkungan istana. Sejak itu songket mulai dikenal dan menjadi pakaian yang hanya boleh dikenakan oleh kalangan kerajaan. Perkawinan sejak duu ditempatkan sebagai sebuah peristiwa sacral. Penuh dengan symbol dan filosofi untuk menandai begitu pentingnya pernikahan dalam perjalanan hidup manusia. Peristiwa penting ini juga ditandai dengan keindahan penampilan sang pengantin. Palembang dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki prosesi adat perkawinan yang indah. Busana pengantin Palembang Aesan Gede maupun Paksangko merupakan asimilasi dari busana para permaisuri atau putri kerajaan. Unik dan mewah. Aju Isni Karim Penerbit Dian Rakyat 2010
14 Songket Minangkabau: The Tapestries of West Sumatra
Kode Panggil: 677.024 Udi s
Songket Minangkabau mendokumentasikan kisah serta makna di balik selembar songket dan pakaian adat Minangkabau. Buku ini ditulis terutama berdasarkan koleksi songket Museum Adityawarman, baik yang kuno maupun yang kontemporer, serta koleksi dan informasi dari para datuk dan bundokanduang di beberapa nagari. Dikemas dengan desain visual yang menawan dan informative. Buku ini diharapkan dapat menyuguhkan berbagai cerita yang selama ini tersimpan di rumah adat, dalam ingatan pelaku, , dan dalam almari museum ke hadapan pembaca Christina M. Udiani Dekranas 2019
15 Khazanah Tenun Tradisional NTB
Kode Panggil: 677.024 Anw k
Tradisi menenun nyesek (bahasa Sasak Lombok) , nesek (Samawa/Sumbawa dan Sumbawa Besar), dan Muna (Mbojo Bima dan Dompu) telah berlangsung berabad-abad lamanya. Seperti halnya sejarah tenun (wastra) Nusantara, aktivitas menenun di NTB diperkirakan dimulai dari zaman neolitikum. Dalam perkembangannya, kain tenun yang semula tanpa motif, dikreasikan menjadi tenunan yang kaya corak dan ragam hias bentuk flora dan fauna seperti dikenal saat ini. Ragam hias itu bukan sekadar aksesoris pada kain tenun, melainkan juga sebuah produk budaya dan identitas yang lahir dari kreativitas karya cipta, dan rasa manusia (petenun). Ragam hias itu merupakan manifestasi dari nilai-nilai yang diyakini, hidup dan berkembang dalam kehidupan komunal masyarakat NTB, kemudian diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi. Buku ini secara sekilas menggambarkan sejarah tradisi menenun NTB dari masa ke masa. Disebut sekilas karena tulisan dalam buku ini bukanlah karya ilmiah, melainkan amatan empiric dan wawancara dengan para petenun dan pemerhati budaya (Sasak, Samawa, dan Mbojo), telususr pustaka, tulisan hasil penelitian dari mahasiswa dan dosen sejumlah perguruan tinggi seputar kain tenun. Turut pula memperkaya isi buku ini adalah sokongan bacaan dari rekan-rekan dan catatan bahan-bahan tulisan yang karena alasan ruang, tidak bisa termuat di surat kabar selama penulis menjadi wartawan harian Kompas (1990-2020). Kesmuanya itu kemudian ‘dijahit’ menjadi sejumlah tulisan/artikel yang tesaji dalam buku ini. Khaerul Anwar PT Kompas Media Nusantara 2022 tenun
16 Bunga Rampai Undang-Undang Perindustrian
Kode Panggil: 352.07 Bir b
Biro Hukum dan Organisasi Kemenperin 2015 perindustrian
17 Motif Batik Klasik Legendaris dan Turunannya
Kode Panggil: 75.02 Kus m
Batik yang sering disebut sebagai warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang memiliki nilai adiluhung dan harus dilestarikan itu sebenarnya hanya dapat diklaim oleh 'batik-batik'. Bukan batik kekinian yang diprodukasi atas nama tren mode, tuntutan selera pasar yang sama sekali sudah tidak punya "roh" atau "jiwa". Motif batik yang tergolong klasik jumlahnya ribuan, tetapi di antara itu ada motif-motif yang tergolong sebagai motif babon (induk) yang legendaris, yaitu motif-motif di samping kepopulerannya, juga motif yang banyak digunakan pada ritual dalam kehidupan orang jawa. Mulai upacara terkait kelahiran, pertumbuhan dalam kehidupan seseorang, pernikahan, serta berbagai perlambang dalm menjalani kehidupan hingga saat upacara kematian. Banyak kalangan yang meyakini bahwa tatanan seperti ini bermula semenjak era kraton mataram islam yang berdiri sekitar abad ke-16 tepatnya pada tahun 1582 di Pulau Jawa. Bahkan diduga bahwa istilah batik dan ambatik baru digunakan pada era ini. Adi Kusrianto Andi 2021 batik
18 A Royal Treasure: The Javanese Batik Collection of King Chulalongkorn of Siam
Kode Panggil: 75.02 Glu a
Diproduksi dengan mewah termasuk kain langka, berusia lebih dari satu abad, terpelihara dengan indah. Pemandangan istimewa dari koleksi kerajaan. Detail desain kain close-up Pada masing-masing dari tiga kunjungannya ke Indonesia, Raja Raja Thailand Chulalongkorn pulang ke Siam dengan potongan batik buatan tangan. Diawetkan oleh biro rumah tangga kerajaan di Grand Palace sejak tahun 1910, tahun wafatnya raja, koleksi berjumlah lebih dari 300 buah dan hari ini menyediakan dokumentasi kunci dari Batik yang dibuat di Jawa Barat dan Jawa Tengah selama paruh kedua abad ke-19- abad, dengan banyak barang langka dan indah dari studio terkenal saat itu, koleksi indah ini dipresentasikan kepada publik untuk pertama kalinya di Museum Tekstil Queen Sirikit di Bangkok pada Oktober 2018. Diterbitkan bertepatan dengan pameran, A Royal Treasure berisi katalog rinci koleksi dan disempurnakan dengan foto-foto arsip langka dari perjalanan raja, catatan tanda tangan asli yang menunjukkan nama pola dan siapa yang diizinkan memakainya, dan label inventaris istana. Diproduksi secara mewah, dan ditulis serta diteliti oleh para ahli terkemuka di bidangnya, buku ini merupakan kontribusi penting bagi bidang tekstil Indonesia dan pesta visual bagi pecinta tekstil di seluruh dunia. Dale Carolyn Gluckman dkk Queen Sirkit Museum of Textiles 2018 batik
19 Aku & Filosofi Batik
Kode Panggil: 82.3 Bar a
Motif batik memiliki filosofi dan arti tersendiri bagi pemakainya.aku suka dengan batik karena aku orang Indonesia. Sprei dan bahkan selimut yang aku pakai kain batik (jarit), alasannya karena kainnya ringan dan tetap hangat. Aku dan keluarga besarku juga suka batik. (Batik Kehidupan) Secara tidak langsung, adikarya bangsa ini mampu membangkitkan ruh semangat dalam menjalankan kehidupan ini. Batik juga mampu menjadi alat pemersatu dan mempererat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Batik, Kearifan Lokal Pemmersatu Bangsa) Ternyata, pada 2 Oktober 2009 batik Indonesia mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (masterpiecies of the Oral an Intangible Heritage of Humanity). (Belajar Mengenal dan Mencintai Batik Asli) Barokatussolihah Azkiya 2021
20 Petunjuk Teknis Alat Canting Tulis
Kode Panggil: 75.02 Fit p
Aprilia Fitriani Balai Besar Kerajinan dan Batik 2021 Batik